Menteri Asman: Negeri Ini Harus Cepat Maju, ASN Mesinnya

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, mengajak jajaran Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjadi mesin pembangunan. "Negeri ini harus cepat maju. Kita ini mesinnya, kalau pelan ya pelan majunya," ucap Menteri Asman saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jalan Veteran Jakarta. Senin (15/8). 

Kedatangan Menteri PANRB bersama Sekretaris Kementerian PANRB dan para Deputi tersebut, diterima lansung oleh Kepala LAN, Adi Suryanto, didampingi Sekretaris Utama, para Deputi, serta jajaran pejabat struktural LAN. Pertemuan tersebut juga diikuti secara virtual melalui teleconference oleh pegawai Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) LAN diberbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, MakaSsar dan Aceh. Asman meminta dalam pelaksanaan tugas, tidak asal banyak program yang tidak bisa mendarat. 

Menurutnya, untuk apa banyak program kalau tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.Dijelaskan, LAN sebagai institusi yang melaksanakan tugas di bidang administrasi negara, dapat mewujudkan apa yang sudah dirancang oleh Kementerian PANRb dalam pendayagunaan aparatur negara melalui diklat dan kajian. 

Tantangan besar LAN ke depan, menurut Asman, antara lain mendorong berbagai lembaga pendidikan kedinasan agar orientasinya tidak menjadi pintu masuk untuk menjadi PNS, tetapi untuk memacu prestasi dan spesialisasi ASN agar menjadi sebuah kekuatan. "Secara perlahan, berbagai lembaga pendidikan kedinasan tersebut kita sempurnakan lagi," ungkap Asman. 

Sementara itu, sebelum Menteri PANRB memberi arahan, Adi Suryanto menyampaikan informasi tentang profil LAN serta berbagai program unggulan LAN, antara lain kajian kebijakan administrasi negara, pembinaan analis kebijakan, penyelenggaraan diklat aparatur, pembinaan penyelenggaraan diklat kepemimpinan, serta laboratorium inovasi administrasi negara."Dalam pendidikan dan pelatihan, LAN melakukan pembinaan penyelenggaraan diklat manajerial, diklat teknis dan diklat fungsional. Kami juga tengah menggagas sekolah kader," ucap Adi.(p/ab)